Home Smartphone Internet Inspirasi Game
Bagaimana Mengatur Waktu Bermain Game Anak

Bagaimana Mengatur Waktu Bermain Game Anak



Bermain adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk anak, ranah kognitif dan psikomotor anak akan berkembang lewat kegiatan bermain ini. Kemampuan sosialnya pun akan terasah karena banyak permainan anak – anak memang melibatkan beberapa orang untuk bisa memainkannya. 

Lalu bagaimana bermain cara anak zaman now? Gadget menjadi pilihan dan permainan di gadget ini bisa dimainkan sendiri atau bersama – sama. Selama batas yang wajar game masih menjadi satu hal yang positif dan mampu merangsang perkembangan kreatifitas anak. Masalah muncul sewaktu kreatifitas anak sudah bukan tujuan, dan game sudah mengambil alih banyak waktu dari anak kita. Pertanyaan pun muncul, lalu bagaimana cara mengatur agar anak tidak terus bermain game?

Sejauh ini hanya developer game asal negeri Tiongkok, Tencent Games. Yang memang benar – benar mengatur waktu bermain untuk para player anak – anaknya. Untuk yang lain sejauh pantauan lockatech.com belum sampai seperhatian itu. 

Akan tetapi lockamania jangan khawatir dulu, berikut ini Lockatech.com  akan sedikit membagi hasil riset besar dari berbagai sumber. Tentang bagaimana kiat – kiat untuk mengatur waktu anak dalam bermain.

Mengalihkan fokus anak

Lockamania yang sudah menjadi orang tua, kiat pertama untuk mengatur waktu anak bermain. Bisa dengan mengalihkan fokusnya dari gadget kesayangannya. Untuk kemudian bermain, atau menghabiskan waktu dengan lockamania selaku orang tua. Bisa dengan membaca buku cerita, tebak – tebakan, atau memasak bersama. Keren kan.

Sedikit Tega

Apabila dengan cara santai anak masih belum bisa mengatur waktunya dalam bermain game. Ada baiknya penegasan dilakukan lockmania. Ini dilakukan tentunya jangan sampai mengorbakan psikologis anak, dengan sikap marah, bentakan, atau memaki anak. Untuk pengaturan waktu bermain game anak, jangan sampai mengorbankan beban dalam psikis anak.

Membiasakan Disiplin

Pendisiplinan dalam menggunakan gadget untuk bermain anak harus dijelaskan saat anak sudah mulai bisa menggunakan alat tersebut. Menjelaskan tentang bagaimana waktu penggunaan gadget, waktu main game, dan waktu lainnya harus dijelaskan kepada anak. Dengan pendisiplinan ini, diharapkan anak mengerti tentang batasan waktu bermain gamenya.

Memberikan Contoh

Sementara anak tidak diperbolehkan berlebihan dalam menggunakan gadget untuk bermain, orang tua justru menggengam gadget tanpa bisa terlepas. Tentunya ini justru akan mempersulit anak dalam menyesuaikan. Kita tau anak bersikap berdasarkan contoh. Sehingga baiknya orang tua mencotohkan terlebih dahulu kepada anak sesuatu yang memang orang tua inginkan untuk anak lakukan.

Artikel Terkait