Home Smartphone Internet Inspirasi Game
Tips Mempercepat Kinerja Smartphone Yang Kurang Bertenaga

Tips Mempercepat Kinerja Smartphone Yang Kurang Bertenaga



Hai hai ketemu lagi dengan lockatech.com. Dan kali ini lolock bakalan ngebahas sedikit beberapa tips yang nih yang bisa berguna buat bikin kinerja smartphone kamu lebih baik lagi. Yaps, smartphone dengan kinerja yang lambat dan sering lag. Pastinya ngebuat kita selaku pemilik ingin sesegera mungkin menggantinya. Dengan harapan smartphone baru nantinya akan menyelesaikan masalah – masalah yang sudah cukup merepotkan dengan smartphone kita sekarang ini. So, pertanyaanya apakah kamu yakin mengganti smartphone benar – benar bisa menyelesaikan masalah kamu?

Lolock yakin sih, selama apa yang kamu lakuin di smartphone lama masih dilakuin di smartphone baru. Mengganti smartphone bukan jadi solusi satu – satunya. Kecuali kamu ganti smartphone lama kamu yang low end, dengan smartphone baru dengan level high end. Yah itu pasti berpengaruh. Hihi. Tapi kalo mengganti smartphone low end, dengan tingkat menengah doang sih. Kayaknya cepat atau lambat masalah kamu sekarang bakalan kembali berulang. Intinya jangan cepat – cepat menentukan pilihan dengan solusi mengganti smartphone baru. Ada beberapa tips seperti berikut, yang bisa kamu coba. Dan bila masih belum berhasil, baru lah... yah ganti smartphonenya. Hehe.

Pasang Aplikasi Ringan

Hal yang pertama yang bisa kamu lakukan kalo smartphone kamu kerasa melambat, dan kinerja sering tergangu. Yaitu memilih aplikasi ringan untuk diinstal. Para developer besar pada sistem operasi android khusunya menyediakan aplikasi mereka dengan mode ringan. Biasa disebut dengan versi lite, aplikasi ini lebih ringan dibandingkan aplikasi utama mereka. Dan aplikasi – aplikasi ini memang peruntukan untuk para pengguna dengan smartphone berspesifikasi lebih rendah dibandingkan yang digunakan aplikasi utama.

Update Sesuai

Dalam setiap aplikasi, developer menyediakan keterangan spesifikasi minimun untuk penggunaan aplikasinya. Kamu yang merasa smartphone menjadi berat, lambat, dan sering lag. Bisa kembali membaca minimum spesifikasi dari aplikasi – aplikasi di smartphone kamu. Jangan – jangan aplikasi yang kamu insntal memang sudah terlalu tinggi, untuk smarpthone kamu. Hal ini bisa ditanggulangi dengan mendownload aplikasi dengan versi yang lebih lama. Walaupun cara ini banyak kekurangan dan tidak disarankan.

Menghentikan Aplikasi Yang Bergerak Di Latar Belakang

Sering kali kita nggak sadar aplikasi yang berjalan di latar belakang menyita ruang memori yang ada. Dengan berada dilatar belakang, sebuah aplikasi tidak berhenti bekerja loh lockamania. Proses yang ada memang terhenti untuk sementara sampai kita memanggil kembali aplikasi tersebut untuk digunakan. Tapi aplikasi yang berada di latar belakang yang terhenti prosesnya tetap memanggil, dan menyita ruang sistem yang ada pada memori. Intinya walaupun tidak besar memori yang terpakai oleh aplikasi di latar belakang, kalau jumlahnya lebih dari beberapa aplikasi tetap saja memori yang dipakai cukup besar. Hal ini bisa mempengaruhi kinerja smartphone kamu, dan akhirnya sedikit memperlambat. Dengan minimnya aplikasi yang ada di latar belakang, akan semakin memperingan kinerja smartphone. Dan smartphone bisa memproses lebih cepat.

Hentikan Pengaksesan Lokasi

Smartphone akan terus memproses atau terus bekerja dengan dihidupkan nya pengaksesan lokasi. GPS atau Global Posisitioning System adalah sistem yang bekerja, dengan mengirimkan data kepada satelit tentang posisi suatu objek di Bumi. Dan karena smartphone menggunakan teknologi ini untuk pengaksesan lokasi. Smartphone dengan GPS yang terus dihidupkan, dan diminta untuk mengakses posisi keberadaanya. Terus bekerja mengirim data kepada satelit. Proses pengiriman data ini yang dimungkinkan membuat kinerja smartphone makin lambat. Ada baiknya, saat memang tidak dibutuhkan untuk mengakses lokasi smartphone. Lockamania mematikan fungsi GPS pada smartphonenya. Ya dengan tujuan, smartphone tidak terus bekerja untuk mengirimkan posisinya ke satelit.

Sediakan Widget Secukupnya Pada Home Screen

Widget pada Home Screen dimaksudkan agar fungsi user interface pada smartphone semakin mudah, dan lebih singkat dalam menjalankan smartphone. Sayangnya, fungsi widget yang ada pada home screen ini membuat kinerja smartphone makin keras yang akhirnya membuatnya melambat. Semakin banyak widget yang berada home screen, smartphone akan makin berat dalam bekerja. Hal ini bisa terjadi karena widget pada home screen smartphone, terus bekerja pada sistem. Seperti halnya aplikasi yang berjalan di latar belakang, aplikasi yang ada pada widget ini sebenarnya memerintahkan sistem operasi untuk tetap mengadakan widget, dengan kata lain digunakan ataupun tidak. Widget pada home screen membuat sistem operasi tetap bekerja, tanpa kita sadari.

Sekian artikel yang bisa lockatech bagikan kali ini, semoga bisa membantu. Dan mohon maaf apabila terdapat banyak kesalahan dalam penulisan, dan kekurangan dalam hal yang disampaikan. So sampai ketemu di artikel selanjutnya.

 

Artikel Terkait