Home Smartphone Internet Inspirasi Game
Yuk Jualan Online, Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Jualan Online Sekarang

Yuk Jualan Online, Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Jualan Online Sekarang



Transaksi jual beli sekarang ini bukan melulu soal bertemunya seorang pembeli dan penjual secara tatap muka. Keberadaan teknologi informasi yang berkembang pesat beberapa tahun ini membuat transaksi jual beli bisa dilakukan cuman bermodalkan gadget dan fasilitas internet. Kedepannya kegiatan jual beli online ini akan semakin lazim dilakukan mengingat ada beberapa alasan yang membuat kegiatan jual beli online ini dirasa lebih mudah dibandingkan harus sengaja datang ke pusat perbelanjaan. Yang mungkin harus kita alami macet, cuaca yang tak menentu, serta keamanan saat diperjalanan. 

Dan sebagai seorang yang memiliki minat pada bisnis. Trend baru ini adalah sebuah peluang untuk semakin berkembang dalam segi bisnis. Pola transaksi yang mudah ini dapat anda manfaatkan untuk mendapatkan ceruk bisnis didalamnya, seperti beberapa alasan jualan online berikut.

Pasar

Yaps alasan pertama kenapa anda harus mulai menjadi penjual online yang pertama adalah karena pertumbuhan pasar ecommerce sedang sangat tumbuh. Dan di Indonesia sendiri dari catatan Merchant Machine tumbuh sebesar 78% pada tahun 2018. Dari data tersebut juga didapat rataan dari total uang yang dibelanjakan di situs website belanja mencapai Rp. 3,19 juta/orang. Ini tentunya menjadi peluang karena terkadang pada jualan konvensional pasar menjadi harga yang mahal untuk seseorang yang ingin memulai sebuah usaha.

Sistem

Alasan kedua kenapa anda harus memulai untuk menjadi penjual online adalah karena sistem yang dikembangkan beberapa marketplace yang ada di Indonesia sudah berjalan dengan sangat baik dan handal. Anda tidak perlu takut uang yang dikirimkan oleh pembeli hilang, atau harus lelah mencari calon pembeli. Sistem yang ada pada marketplace berikut beberapa sistem promosi yang mereka lakukan mampu membuat anda yang baru mulai jualan online lebih mudah dibuatnya.

Pola Belanja

Perlahan tapi pasti pola berbelanja masyarakat Indonesia mulai berubah. Sekarang ini Indonesia menjadi 1 dari 10 negara dengan pertumbuhan ecommerce terbesar. Dengan nilai tersebut sedikit kita bisa ambil kesimpulan, beberapa, atau banyak orang Indonesia sudah mulai mencoba untuk belanja online. Dan saat pembeli mulai merasakan kenyamanan belanja online. Maka mereka akan mulai berubah dalam pola belanjanya. Dengan belanja online pembeli tidak perlu menyediakan waktu khusus untuk sekedar membeli pakaian, elektronik, atau peralatan mandi sekalipun ada di online.

Media

Di Indonesia ada dua marketplace atau tempat berkumpulnya para pembeli dan penjual online yang berstatus Startup Unicorn. Ini menandakan perusahaan sudah sangat besar, baik dari segi nilai, pegawai, investasi, pengaruh, dan tentunya keuangan perusahaan. Hal ini terbukti ketika beberapa marketplace mampu beriklan di tv, mengadakan event di tv, bahkan menjadi sponsor utama Liga Sepak Bola di Indonesia. Dengan kekuatan uang yang besar ini, beberapa marketplace mampu terus menerus beriklan di media. Secara tidak langsung orang atau pembeli menjadi tau tentang mereka. Dan ini akan membuat anda yang berjualan online di marketplace tersebut secara tidak langsung akan terpromosikan. 

Aman

Ketakutan utama para pembeli online pemula adalah tentang permasalahan barang dan juga uang yang sudah dikirimkan. Tau hal ini menjadi masalah dengan belanja online. Tiap – tiap marketplace kemudian terus memperbaiki pelayananya. Sekarang ini barang bisa sampai baru pembeli membayar, atau pembeli bisa membayar barang pesanannya di mini market terdekat. Ini menjadi alasan lain kenapa pembeli konvensional mulai belanja online. Dan ini adalah peluang untuk anda yang sedang ingin berbisnis.

Itulah beberapa alasan kenapa harus jualan online sekarang. Pasar terus bertumbuh, sistem yang makin baik. Serta publikasi yang gencar di media adalah beberapa hal yang membuat pola belanja yang satu ini semakin diminati. Dan anda yang seorang pebisnis harus bisa memanfaatkannya. 

Artikel Terkait